5 Efek Buruk Kurang Tidur

Kita semua pernah melakukannya di beberapa titik; larut malam diikuti oleh bangun pagi, dan jumlah kafein yang berlebihan untuk melewati hari. Sementara kejadian aneh tidak mungkin membahayakan kita, berulang kali kurang tidur dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh dari waktu ke waktu. Lantas, apa saja efek kurang tidur bagi tubuh? Berikut adalah lima gejala yang dapat Anda alami jika Anda secara teratur mengganti waktu tidur Anda dengan waktu minum kopi.
IMAGES

1. Berat Badan

Anehnya, kurang tidur seringkali dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang substansial. Meskipun mungkin intuitif untuk berpikir bahwa terjaga lebih lama dan membakar lebih banyak kalori, akan mengurangi berat badan, tampaknya yang terjadi adalah sebaliknya. Pasalnya, agar tetap berfungsi, kita cenderung mengemil makanan berkalori tinggi dan manis agar tetap fokus. Masalahnya muncul ketika kita memberi kompensasi berlebihan dan makan jauh lebih banyak kalori daripada yang kita butuhkan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam sehari sekitar 30% lebih mungkin menderita obesitas.

2. Berkurangnya Dorongan Seks

Kurang tidur juga sering dikaitkan dengan penurunan gairah seks yang signifikan. Jadi, jika Anda tidak cukup tidur dan Anda berjuang untuk mendapatkan mood di antara seprai, ini mungkin penyebabnya. Penjelasannya sederhana; kekurangan energi, kantuk, dan peningkatan iritabilitas sudah cukup untuk mematikan, bukan, pada malam hari.

3. Lebih Banyak Kesalahan

Salah satu gejala kurang tidur yang lebih umum dikenal adalah pengurangan waktu penilaian dan reaksi kita. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengemudi saat mengantuk dapat merusak kemampuan kita seperti halnya mabuk. Bukan hanya mengemudi kita yang terpengaruh. Mengantuk memengaruhi semua keputusan kita, yang dapat berdampak besar pada kehidupan pribadi dan pekerjaan kita.

4. Memori Berkurang

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berdampak besar pada kemampuan kita untuk menghafal dan belajar. Aspek ini sangat relevan dengan siswa yang duduk sampai larut malam, tetapi mempengaruhi kita semua dalam beberapa cara. Saat kita tidur, otak menggunakan waktu ini untuk mengasimilasi informasi yang telah dipelajarinya sepanjang hari. Merampas kesempatan otak ini sangat mengurangi kemampuan kita untuk mempertahankan pengetahuan, dan juga dapat membuat kita lebih pelupa dari waktu ke waktu.

5. Peningkatan Gejala Seperti Depresi

Meskipun tidak diketahui apakah keduanya terkait secara intrinsik, kurang tidur dan depresi sering terjadi bersamaan. Mungkin tidur memperburuk masalah mereka yang mengalami depresi, atau bisa jadi bahwa pengurangan waktu tidur menyebabkan gejala yang sama. Either way, depresi dan kecemasan lebih sering terjadi pada mereka yang tidur enam jam atau kurang sehari. Dalam kasus ini, jika Anda berisiko tinggi untuk penyakit semacam ini, mendapatkan cukup z adalah dua kali lipat penting. Sayangnya, jumlah orang yang mendapatkan rekomendasi tidur delapan jam sehari semakin menurun, dan diperkirakan sekitar 30-40% tidak cukup tidur. Lebih buruk lagi, mereka yang kurang tidur menjadi terbiasa berfungsi dalam keadaan kekurangan, sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka terpengaruh. Ini merugikan kesehatan mereka sendiri dan berpotensi kesejahteraan orang lain. Jadi, jika Anda termasuk dalam kategori ini, ada baiknya melihat rutinitas harian Anda dan bekerja dalam beberapa jam ekstra untuk menutup mata. Anda mungkin tidak menyadari manfaatnya sampai Anda mencobanya.