Sains Menunjukkan Diet Sehat Secara Signifikan Mengurangi Depresi

Sebuah studi baru menemukan bahwa pria muda yang memiliki pola makan yang buruk melihat peningkatan substansial dalam gejala depresi mereka ketika mereka beralih ke diet Mediterania yang sehat. Depresi adalah masalah kesehatan mental yang tersebar luas yang mempengaruhi sekitar 300 juta orang di seluruh dunia setiap tahun. Ini adalah faktor risiko substansial untuk bunuh diri, penyebab kematian terbesar di kalangan anak muda. Uji coba terkontrol secara acak selama 12 minggu, yang dilakukan oleh para ahli dari University of Technology Sydney , baru-baru ini diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.
IMAGES
Gambar: cdn.statically.io
Menurut peneliti utama Jessica Bayes, seorang Ph.D. kandidat di Fakultas Kesehatan UTS, penelitian ini adalah uji klinis acak pertama yang menguji pengaruh diet Mediterania pada gejala depresi pada pria muda (usia 18-25). “Kami terkejut dengan keinginan para pemuda untuk melakukan diet baru,” kata Bayes. "Mereka yang ditugaskan untuk diet Mediterania dapat secara signifikan mengubah diet asli mereka, di bawah bimbingan ahli gizi, dalam jangka waktu yang singkat." “Ini menunjukkan bahwa dokter medis dan psikolog harus mempertimbangkan untuk merujuk pria muda yang depresi ke ahli gizi atau ahli gizi sebagai komponen penting dalam mengobati depresi klinis,” katanya.

Hubungan antara makanan dan suasana hati

Penelitian ini berkontribusi pada subjek psikiatri nutrisi yang muncul, yang berupaya menyelidiki dampak nutrisi, makanan, dan pola diet tertentu pada kesehatan mental. Diet penelitian ini kaya akan sayuran berwarna, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta ikan berminyak, minyak zaitun, dan kacang mentah tanpa garam. “Fokus utama adalah pada peningkatan kualitas diet dengan makanan utuh segar sambil mengurangi asupan makanan 'cepat', gula, dan daging merah olahan,” kata Bayes. “Ada banyak alasan mengapa secara ilmiah kami berpikir makanan mempengaruhi suasana hati. Misalnya, sekitar 90 persen serotonin, zat kimia yang membantu kita merasa bahagia, dibuat di usus kita oleh mikroba usus kita. Ada bukti yang muncul bahwa mikroba ini dapat berkomunikasi ke otak melalui saraf vagus, dalam apa yang disebut sumbu usus-otak.” “Untuk mendapatkan mikroba yang bermanfaat, kita perlu memberi mereka serat, yang ditemukan dalam kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran,” katanya. Kira-kira 30 persen pasien depresi gagal menanggapi pengobatan standar untuk gangguan depresi mayor seperti terapi perilaku kognitif dan obat antidepresan. “Hampir semua peserta kami tetap mengikuti program ini, dan banyak yang tertarik untuk melanjutkan diet setelah penelitian berakhir, yang menunjukkan seberapa efektif, dapat ditoleransi, dan bermanfaatnya intervensi yang mereka temukan.”